Aturan-aturan dalam Berkendara



Keamanan Bersepeda Motor
Perhatian:
Mengendarai sepedamotor memerlukan usaha-usaha tersendiri dari si pengendara untuk menjaga keamanannya.Ketahuilah Persyaratan-persyaratan di bawah ini sebelum Anda mengendarai sepeda Motor.
ATURAN-ATURAN MENGENDARAI SEPEDAMOTOR DENGAN AMAN
1.Selalu lakukan pemeriksaan sebelum jalan, sebelum menghidupkan mesin . Dengan demikian Anda dapat mencegah terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada sepedamotor.
2.Banyak kecelakaan melibatkan pengendara yang belum berpengalaman. Undang-Undang lalulintas mengharuskan pengendara memiliki SIM yang diperolehnya setelah lulus ujian mengendarai sepeda motor.Pastikan bahwa Anda sudah memenuhi persyaratan ini sebelum Anda mengendarai sepeda motor.JANGAN SEKALI-KALI meminjamkan sepeda motor Anda kepada seseorang yang belum berpengalaman.
3.Banyak kecelakaan sepeda motor  terjadi oleh karena pengendara mobil “tidak melihat” pengendara sepeda motor.Buatlah diri Anda mudah terlihat untuk membantu menghindari kecelakaan!
*kenakan pakaian berwarna cerah atau memantulkan cahaya.
*Jangan bersepedamotor di luar  jangkauan penglihatan pengendara lain.
4.Patuhilah semua Undang-Undang lalu-lintas nasional dan peraturan local.
*Kecepatan yang terlalu tinggi merupakan faktor dominan dalam banyak kecelakaan.Patuhilah batas kecepatan dan jangan berjalan lebih cepat dari pada kecepatan aman yang dapat dipertanggung jawabkan.
*Berikan tanda yang jelas sebelum membelok atau pindah jalur.Ukuran sepedamotor yang kecil serta kelincahannya mungkin tidak terantisipasi pengendara mobil.
5. Jangan sampai Anda dikejutkan oleh pemakai jalan yang lainnya. Berhati-hati terlebih pada persimpangan jalan, jalan keluar/masuk gedung dan perumahan.
6.Kedua tangan harus memegang stang kemudi dan kedua kaki bersandar pada pijakan kaki sewaktu mengendarai sepedamotor.
Pembonceng harus berpegang dengan kedua tangannya pada pengendara sepeda motor atau pada sepeda motor dan menyandarkan kedua kakinya pada pijakan kaki pembonceng.

0 Response to "Aturan-aturan dalam Berkendara"

Post a Comment