10 Langkah dalam Menjadi Seorang Pembisnis


Apakah yang perlu di persiapkan dalam memulai bisnis?
1.Apabila Anda lulusan dari sekolah kejuruan dan anda ingin mencoba bisnis sesuai program keahlian anda maka ini “sah-sah” saja, sebagai contoh Menjahit, Permesinan, Arsitek, Kuliner, dan banyak lagi lainnya.
2.Anda harus mempunyai rasa kecintaan terhadap bisnis yang akan Anda jalankan, jadi dari rasa kecintaan yang anda miliki akan timbul rasa pengorbanan dimana kembali ke-Visi dan Misi Anda.
3.Yang ketiga yang penting yaitu Anda harus mempunyai rasa sabar, entah mungkin anda belum mendapatkan pelanggan, atau anda mendapat  kritikkan. Anda harus punya rasa sabar yang cukup, karena prinsip orang wirausaha yaitu “sedikit-demi sedikit lama lama menjadi bukit”
4.Yang keempat yang penting juga yaitu apabila jika anda mempunyai bisnis di bidang jasa yang perlu di perhatikan adalah “pelayanan” karena jika layanan yang anda berikan baik maka pelanggan akan merasa puas dan dari kepuasan pelanggan itulah anda akan mempunyai kecitraan (imacgh) terhadap bisnis Anda.
5.Yang  ke lima yang penting juga yaitu apabila anda mempunyai bisnis di bidang produk maka pastikan terlebih dahulu produk anda layak untuk di pasarkan, misalkan anda ingin bisnis menjahit (tailor) maka yang harus diperhatikan yaitu pola, apakah dari pola ini nantinya pelanggan merasa puas,nyaman, atau justru anda mendapat kritikan? Nah, jadi pastikan Anda harus mahir terlebih dahulu. Dalam contoh bisnis  lain yaitu Kuliner, Montir,Bertani, Properti dan lain-lain.
6.Yang  ke enam, jika Anda sudah cukup modal (mampu sewa toko) maka carilah tempat-tempat yang strategis (banyak di akses masyarakat) misalkan : di perempatan, dekat terminal, dekat jalan raya, di pasar dll.
7. Yang ke tujuh, mampu dan mau menerima kritikan dan saran dari pelanggan. Karena dari kritikan dan saran itu akan menjadi tolak ukur standart pelayanan tentang bisnis yang Anda jalankan.
8.Yang ke delapan, dan merupakan pokok awal melangkah untuk menjadi pembisnis yaitu “ Mulailah dari sesuatu yang bisa Anda pegang, mulailah dari sesuatu yang bisa Anda control” jangan memaksakan kehendak yang terlalu beresiko dimana kemungkinan Anda belum tentu menguasainya.
9. Yang ke Sembilan adalah mau belajar memperbaiki apa yang jadi kekurangan tentang produk/fasilitas yang perlu di perlu di rubah. Misalkan masalah produk, pengepakan, kebersihan tempat kerja, atau yang lain sebagainya.
10. jika Anda sudah mempunyai kemasukan maka yang harus dipersiapkan yaitu belilah buku kas, dimana nanti anda bisa mengatur keuangan Anda sendiri.

Itulah 10 langkah-langkah menjadi seorang pembisnis.
Terima kasih, untuk Saudara, Saudari yang telah berkunjung di Blogg kami. Semoga apa yang saya ketik tadi bisa menjadi bermanfaat, Aamiin.
Untuk kritik dan saran bisa Anda kirim ke alamat e-mail  kami di : rwaycollection@gmail.com

0 Response to "10 Langkah dalam Menjadi Seorang Pembisnis"

Post a Comment