Meskipun Enak, Tetaplah Waspada Terhadap Makanan Yang Dipanggang

Kegiatan Barbeque merupakan acara yang bisa dilakukan saat berkumpul bersama keluarga dan teman. Kebersamaan ini dilakukan dengan cara memanggang daging bersama-sama dengan anggota keluarga yang lain sambil bercengkraman. Namun, pernahkah terpikir oleh kita bahaya  memekan makanan yang dipanggang itu?. Fakta medis memnunjukkan pada makanan yang dipanggang terkandung AGE (Advanced Glycation And Products) yang dapat merusak jaringan kulit dan mempercepat penuaan. Jika AGE yang diserap dalam tubuh jumlahnya banyak, akan terlihat keriput pada wajah, yang disebabkan oleh kerusakan kolagen dan elastin. Kolagen dan elastin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit agar tetap terlihat muda.  Menurut Anastacia Calea AGE merupakan reaksi antara karbohidrad dan protein atau lemak pada suhu tinggi. Ia juga mengingatkan, semakin tinggi tingkat AGE jenis makanan yang digorengpun sama berbahayanya dengan makanan yang dipanggang dibandingkan dengan makanan yang direbus atau dikukus.

Memang makanan yang dibuat dengan cara digoreng atau dipanggang itu rasanya sangat lezat. Namun, jangan sampai kelezatan yang dinikmati tersebut mengancam kondisi kulit kita. Mengonsumsi makanan seperti itu harus dibarengai dengan konsumsi buah dan sayuran, tetepi tidsk asal buah atau sayuran saja. Pilihlah buah atau sayuran yang memiliki banyak kadar anti-oksidannya yang dapat melindungi dari age. 

Oleh karena itu, dibutuhkan zat yang dapat menetralisasi keberadaan AGE yang masuk kedalam tubuh zat itu antara lain adalah xanthone.  Sifat anti-oksidan yang tinggi xanthone ini sangat baik untuk menangkal jenis radikal tsb. Molekul bioaktif ini memiliki struktur enam cincin karbon rangkap sehingga sangat stabil. Dan xanthone hanya terdapat pada buah manggis.

dikutip dari “IKLAN ADV”(Warta Jateng 22-03-2013)

0 Response to "Meskipun Enak, Tetaplah Waspada Terhadap Makanan Yang Dipanggang"

Post a Comment